Minggu, 16 Desember 2012

Rahadewi Neta Pimpin Kejuaraan Dunia Taekwondo


Prestasi membanggakan diraih wasit taekwondo asal Indonesia, Rahadewi Neta. (foto sebeleh kanan) Mantan atlet taekwondo nasional itu dipercaya menjadi salah satu wasit di Kejuaraan Dunia Taekwondo Poomsae di Kolombia, 6-9 Desember 2012.

Rahadewi, yang merupakan peraih medali perak Amerika Serikat Terbuka 2008, mendapat kepercayaan dari Universal Taekwondo Indonesia Profesional (UTI Pro) menjadi delegasi Indonesia di Kejuaraan Dunia Taekwondo di Kolombia sebagai wasit Poomsae.

"Ini kebanggaan tersendiri bagi saya menjadi wasit di Kejuaraan Dunia di Kolombia. Apalagi, saya menjadi satu-satunya wasit wanita dan paling muda di antara 38 wasit yang hadir di Kolombia," ujar Rahadewi di UTI Pro Center, Jakarta, Minggu 16 Desember 2012.

"Ini pengalaman yang sangat berharga bagi saya, bisa menjadi wasit di ajang Kejuaraan Dunia Poomsae. Mengingat ada proses seleksi yang ketat sebelum dipercaya menjadi wasit di tingkat dunia," sambung wasit 29 tahun tersebut.

Meski diutus langsung oleh UTI Pro, Rahadewi menegaskan hal itu bukan jaminan baginya bisa memimpin pertandingan di tingkat Kejuaraan Dunia. "Ada tahapan yang harus diikuti seorang wasit di level Kejuaraan Dunia. Antara lain mengikuti seleksi yang ditentukan oleh WTF (Federasi Taekwondo Internasional)," paparnya.

Rahadewi merasakan tekanan yang tinggi saat menjadi wasit di Kejuaraan Dunia. "Berbeda dengan Kyorugi (tarung) yang menggunakan sistem Protector Scoring System (PSS). Untuk Poomsae, sistem nilai menggunakan Taekwonsoft, jadi setiap detik dituntut tingkat konsentrasi yang cukup tinggi," terangnya.

Sumber : VIVA News

Tidak ada komentar:

Posting Komentar